Cara agar banyak pembeli
1.
Pistak terlebih dahulu
2.
Main mata dengan lembut
3.
Tarik tangannya
4.
Tunjukkan produk
5.
Jelaskan kelebihan produk
6.
Jangan jelaskan kelemahannya
7.
Buat konsumen tertarik dengan
cara mengkaitkan dengan produk orang lain; misal. Produk itu cepat busuk, jika
kena angin.
8.
Namun jangan terlalu memaksa.
Karena berkesan tidak baik di hadapan pembeli.
9.
Jika tidak tertarik dengan
produk itu jangan langsung menyerah tunjukkan produk lain yang ada di toko
kita. Ceritakan bahwa produk terakhir lebih bagus lagi dan katakan harganya
bisa kurang.
10. Hadapi
dengan sabar, jawab setiap pertannyaan konsumen.
11. Bersemangat
saat menjelaskan, tetapi jangan wajah seperti memaksa. Atur gaya sedemikian
rupa. Bisa diberikan sedikit senyuman bila perlu.
12. Jika
konsumen meminta harga yang lebih murah, maka jelaskan bahwa modalnya ini
Rp.50.000 bu/pak, yang kami ambil dari sini hanya Rp. 10.000, Cuma sedikit
bu/pak. Gimana kita bungkus Bu/Pak !!!
13. Jika
si konsumen tidak mau juga sehingga konsumen perki, jangan menyerah juga,
segeralah panggil jika perlu tarik tangannya. Setelah itu harganya bisa kurang.
Tetapi jangan terlalu banyak, misal kurang Rp.5.000.
14. Jika
konsumen tetap tidak mau. Berarti belum rejeki kita.
15. Anggap
setiap orang itu uang.
16. Jika
produk kita membutuhkan penjelasan yang banyak. Bisa diberikan minuman terhadap
konsumen. Misal, Aqua, jika prodak kita besar, bisa diberikan minuman botol.
17. Jika
konsumen pulang berikan juga rasa trimaksai, baik berupa perkataan maupun
berupa senyuman agar konsumen datang lagi berkunjung ke toko kita.
18. Bisa
di berikan tawaran-tawaran yang menghanyutkan.
Misal;
jika membeli produk kami di atas Rp.200.000 maka akan mendapat kupon Rp. 50.000
dan bisa dibelanjakan di toko kami menggunakan kupon tersebut tetapi harus
harga prodaknya di atas Rp. 50.000. Artinya konsumen hanya mengeluarkan uang
Rp. 51.000. yang harga prodak seharusnya Rp.101. 000. Artinya konsumen akan
tertarik.
Kedua:
Jika belanja sebanyak 10 kali di toko kami maka akan mendapat sebuah hadiah,
misalnya; topi cantik. Disini berarti kita harus memberikan kupon setiap
pembeli atau yang belanja. Tetapi kita harus atur sedemikain rupa agar tidak
ada penipuan, misalnya; kita buat tanda yang tidak bisa ditiru, kita catat
didalam pembukuan kita, atau di komputer.
Ketiga;
buat harga-harga diskon pada hari-hari besar tetapi waktunya terbatas agar
konsumen berlomba-lomba. Misalnya pada hari tahun baru.
19. Jika
perlu buat pertandingan atau acara sekali setahun pada waktu ulang tahun toko
anda. Misalnya pertandingan footsal. Disana anda akan berpeluang mempromosikan
prodak anda, masalah biaya bisa dikutip uang pendaftaran atau bisa bekerja sama
dengan pemda setempat.
20. Promosikan
produk dalam toko anda. Bisa lewat fb, blog, web (ini semua bisa dihubungkan),
bisa lewat penyebaran kertas promosi, bisa dengan nebeng di prodak orang lain,
misalnya di buku, jika ada acara besar di daerah anda bisa anda bekerja sama
agar anda berkesempatan mempromosikan prodak anda.
21. Katakan
ke konsumen jika bulan depan harga akan murah, dikarenakan pencucian gudang
misalnya atau yang lain. Agar bulan depan konsumen datang bersama temannya yang
lain atau dengan keluarganya.
Sekian dari saya,
mudah-mudahan dapat membantu anda para pecinta blog ini. Memang banyak lagi
cara agar konsumen banyak ke toko kita tetapi hanya ini yang dapat saya
berikan. Terimakasih !!!
No comments:
Post a Comment