.

Festival Danau Toba 2013

Posted by Berman HS Friday, September 6, 2013 0 komentar




Festival Danau Toba 2013 yang digelar 8 - 14 September sudah hampir rampung, persiapannya saat ini mencapai 80 persen. Festival diselenggarakan di Bukit Beta, Pantai Tuk-Tuk, Pulau Samosir.
Ketua Panitia Nasional Festival Danau Toba dan Bupati Samosir Mangindar Simbolon, mengutarakan, persiapan fisik jelang acara hanya tinggal pembuatan panggung, pemasangan umbul-umbul, dan spanduk.
Warga masyarakat antusias menyambut festival ini. Para siswa dan pegawai negeri sipil juga dikerahkan panitia turut membantu mempersiapkan infrastruktur.
Festival Danau Toba ingin mengemukakan kembali hakikat budaya Batak. Di samping itu gelaran yang tahun ini dari sisi acaranya ditingkatkan dengan harapan makin semarak, pula bertujuan menarik kunjungan wisatawan yang ditargetkan hingga minimal 50.000 orang. Apalagi ditambah bandara baru di Sumatra Utara, Bandara Internasional Kualanamu, diharapkan dapat mempermudah akses menuju Danau Toba.
Festival Danau Toba, yang awalnya bernama Pesta Danau Toba, merupakan gelaran yang puluhan tahun sebelumnya sudah terselenggara. Pada penyelenggaraan kali ini, Kementerian Parekraf ikut secara langsung ambil bagian dalam membentuk konsep dan mengkoordinisasi pelaksanaan melibatkan seluruh pemerintah kabupaten dan kota se-Sumut. Itu dilakukan membangun pariwisata Danau Toba yang sempat redup gaungnya.
(Gloria Samantha. Sumber: Kompas)
Festival Danau Toba ini adalah lanjutan dari Pestifal Danau toba yang mana dalam acara ini lebih meriah dan kegiatan maupun perlombaan-perlombaan lebih banyak lagi.
Perlombaan-perlombaan dalam Festival Danau Toba antara lain:
  1.  Bidang Seni : Lomba Tarian/Tortor, Lomba Vocal Grup/Solo, Lomba Cipta Lagu, Lomba Cipta Musik/Gondang Tradisional, Lomba Drama (Sendratasik), Lomba Mengukir, Lomba Memahat, Lomba Menenun Ulos;
  2. Bidang Budaya  : Lomba Bercerita, Lomba Marumpasa, Lomba Maminta Godang, Lomba-Eksebisihi Tortor/Godang Naposo, Lomba Martumba, lomba Uning-uningan, Lomba Gondang Sabangunan, Lomba Senandung/Mangandung, Lomba Pajangan Ulos (mencari ulos original/kuno), Lomba pakaian Tradisional (Fashion Show Ulos).;
  3.  Bidang Olah Raga (Darat, Air, Udara, Campuran) : Olah raga tradisional Margala (petak umpet), Marjalekat (Engrang), Mangukor/Marhonong (Menyelam) Marlange (Berenang jarak jauh), Volly Pantai, Solu bolon,  Solu parsada-sadaan, Solu parduaduaan, Dragon Boat.
  4. Bidang Pemeliharaan Lingkungan : Lomba Keasrian Lingkungan Perhotelan, Perkampungan/Desa sepanjang jalan Protokol,  Lomba Desa menuju Desa Wisata. Aksi Penanaman Pohon dsb.
  5. Bidang lain : Pemilihan Putri Danau Toba dan Duta Wisata Samosir, Lomba Penyediaan Kuliner (tradisional dan Nasional),
  6. Pemberdayaan Masyarakat, melalui Semi Loka : Kepariwisataan, Budaya, Ekonomi Kerakyatan, Adat-Istiadat (paradaton).
  7. Bidang Entertain/Pagelaran melalui penampilan Artis-Artis terkenal sebagai hiburan buat pengunjung.
Yang lebih dasyat lagi dalam Festival Danau Toba ini akan di gelar pertandingan renang terlama di dunia yang akan di masukkan ke dalam MURI ataupun ke Rekor dunia. Yang mana para atlet renang dari penjuru dunia akan di undang ke sana untuk berenang mengelilingi  danau toba selama 3 (tiga) hari.

Tunggu apalagi ayo ramaikan Festival Danau Toba ini, yang pasti kita akan tidak menyesal dan kita akan tahu bagaimana Batak itu sebenarnya khususnya batak toba.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Festival Danau Toba 2013
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://simbolonbermanhot.blogspot.com/2013/09/festival-danau-toba-2013.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of BLOG BERMAN HS.

Follow

Follow

Forum Karate

                 
Flag Counter


Silahkan masukkan nomor resi POS anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi Tiki anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi JNE anda, kemudian klik search.

macam-macam olahraga

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 5323-01-004929-53-4
An. Bermanhot Simbolon

Translate

macam_macam penyakit

Jumlah Pengunjung

jasa dan bisnis

forum guru

Translite