.

Objek-Objek Wisata di Samosir

Posted by Berman HS Thursday, July 11, 2013 0 komentar

Objek-objek Wisata di Samosir antara lain:

1. Tomok
(Makam Sidabutar, Sigale-gale, Rumah Bolon, Tempat pengadilan Raja-Raja, ada kursi dan meja terbuat dari batu, tempat Raja jaman dahulu menghakimi rakyatnya sebelum dihukum, antara lain dipenggal kepalanya)

2. Tuktuk
(banyak pilihan penginapan, cottage, homestay, hotel, villa, tempatnya orang2 bule tinggal berlama-lama)

3. Pulau Malau
(restoran dan penginapan)
5. Aek Rangat Pangururuan


Tempat Wisata Samosir
Di bawah ini adalah Tempat Wisata Samosir. Peta Wisata Samosir dari Google dengan penanda oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Samosir akan ditambahkan kemudian. Tempat Wisata Samosir dan Peta Wisata Samosir dari The Aroengbinang Project ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari Tempat Wisata Samosir itu telah diperoleh
Tempat Wisata Situs Budaya, Samosir
Makam Raja Sidabutar, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Tomok, Kecamatan Simanphotoworks. Makam ini dipahat dari batu utuh tanpa persambungan untuk tempat peristirahatan terakhir Raja Sidabutar yang menjadi penguasa Tomok saat itu.
Gua Simalliting, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di desa Aek Liang, Kec Ronggurnihuta, berupa sebuah lubang besar yang akan bergemirincing jika dilempari batu.
Batu Parsidangan, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Desa Siallagan, Kecamatan Simanphotoworks, berbentuk susunan batu besar yang dikelilingi tembok batu setinggi 1,5 m, digunakan pada masa Raja Siallagan sebagai tempat untuk mengadili dan mengeksekusi para pelaku tindak kejahatan.
Batu Parhusipan, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kecamatan Sianjur Mula-Mula merupakan tempat pertemuan bagi Si Boru Pareme.
Batu Nanggor, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kecamatan Sianjur Mula-Mula di Bukit martil batu tempat dimana Seribu Raja menempa senjatanya.
Batu Hobon, Tempat Wisata Samosir Tempat wisata di Kecamatan Sianjur Mula-Mula berupa batu sebagai tempat penyimpanan barang pusaka.
Sigulatti, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di pegunungan Pusuk Buhit, Kecamatan Sianjur Mula-Mula, yang diyakini sebagai tempat asal mula orang Batak.
Batu Guru, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kecamatan Sianjur Mula-Mula, berupa sebuah batu dengan tiga pondasi yang diyakini melambangkan “dalihan Natolu” yang merupakan falsafah orang Batak, yaitu sombal marhula-hula, manat mardongan tubu, dan elek marboru.
Batu Rantai, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kota Mogang, Kec Palipi, berupa batu yang dirantai di jaman Belanda karena sering berpindah-pindah.
Piso Somalim, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata berupa tempat bersejarah di Mogang, Kec Palipi. Piso berarti pisau, dan Piso Somalin dipercaya ampuh dalam memberi ketentraman dan kedamaian bagi masyarakat, karena pada jaman dahulu mampu melerai dua kelompok masyarakat yang sedang berseteru hebat.
Batu Sidam-dam, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Ronggurnihuta berupa batu hitam yang dianggap suci dan sakral, sehingga pengunjung diminta berlaku sopan di sini. Konon burung akan mati jika hinggap di atasnya.


Tempat Wisata Museum, Samosir
Museum Huta Bolon, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Desa Simanphotoworks, Kecamatan Simanphotoworks, berupa rumah adat warisan Raja Sidauruk, yang menyimpan benda-benda kuno milik leluhur orang Batak Toba dari Samosir seperti parhalaan, pustaha laklak, tunggal panaluan, dan solu bolon.


Tempat Wisata Bangunan Tua
Terusan Tano Ponggol, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec. Pangururan berupa terusan yang memisahkan Pulau Samosir dengan Pulau Sumatera. Terusan ini dibuat pada jaman Belanda dan sampai sekarang masih berfungsi dengan baik.
Persanggarahan, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Pangururan berupa bangunan tua peninggalan Belanda yang pernah dipakai sebagai kantor dan kediaman Bupati Samosir.


Tempat Wisata Tengara, Samosir
Patung Liberty Malau, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Pangururan berupa sebuah tugu yang dibuat sebagai peringatan bagi perjuangan seorang pejuang angkatan 45 yang berasal dari Pulau Samosir pada masa revolusi kemerdekaan Republik Indonesia.
Tempat Wisata Alam Samosir
Mata Air Datu Parngongo, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Sitio-tio, sekitar 4 Km dari Dermaga Tamba menuju bukit, berupa sebuah mata air yang dibuat oleh Datu Parngongo, dan dipercaya memiliki tuah untuk menyembuhkan penyakit.
Gua Datu Parngongo Tempat Wisata yang terletak di sebelah bawah Mata Air Datu Parngongo di lereng bukit yang sangat curam yang konon dipakai sebagai tempat semedi Datu Parngongo untuk mempertahankan diri ketika melawan musuh.
Batu Marhosa, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Sigarantung, Desa Parmonangan, Kec Simanphotoworks, berupa batu benafas atau batu yang dapat menghembuskan udara.
Goa Marlakkop, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di desa Tanjung, Kec Simanphotoworks.
Pagar Batu dan Bottean, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Lontung, Kec Simanphotoworks
Pantai Ambarita, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Simanondo yang menyediakan tempat pemandian dan pemancingan
Aek Natonang, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di di Desa Tanjungan, Kec Simanphotoworks, berupa danau di atas danau yang direncanakan sebagai areal Hutan Wisata seluas 105 Ha.
Aek Liang, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Ronggurnihuta berupa mata air yang berada di dalam sebuah goa yang dapat memenuhi kebutuhan air Desa Aek Liang.
Gua Sidam-dam, Tempat Wisata Samosir Merupakan tempat persembunyian pahlawan Sidamdam Malau ketika sedang melawan musuh yang kuat. Setelah meninggal, ia dikebumikan di Desa Siambalo Rianiate.
Aek Boras, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Sianur Mula-Mula berupa sumber mata air Guru Tatea Bulan.
Aek Sipitu Dai, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Sianjur Mula-Mula berupa sumber air yang dapat dialirkan menjadi tujuh saluran dan memiliki tujuh rasa serta diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.
Batu Sawan, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Sianjur Mula-Mula, berupa batu tempat air dengan rasa jeruk purut
Pulo Tulas, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Sianjur Mula-Mula berupa sebuah pulau kecil di tengah Danau Toba.
Tambun Surlau, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Onan Runggu berupa tempat pemandian alam dengan air segar dan udara yang sejuk
Hariara Na Bolon, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Onan Runggu dimana beberapa pohon beringin (hariara) menyatu membentuk pohon yang sangat besar
Pantai Bebas Sukkean, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Onan Runggu berupa pantai dengan pasir putih yang masih alami.
Tempat Wisata Umum Samosir
Tuktuk Siadong, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di sebuah kawasan yang berbentuk tanjung dan menjadi pusat kegiatan wisata, seperti hotel, restoran, lukisan dan ukiran khas Batak.
Bukit Beta Kite Internasional, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Tuktuk Siadong, Kec Simanphotoworks, yang telah dipakai sebagai lokasi perlombaan layang-layang Internasional
Lagundi Sitamiang, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Onan Runggu yang menyediakan lokasi untuk perkemahan yang dilengkapi dengan pondok remaja
Open Stage, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Pangururan berupa bangunan panggung terbuka yang berada di tengah Kota Pangururan sebagai tempat atraksi seni dan budaya.
Komunitas Tenun Ulos Batak, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di desa Lumban Suhi-suhi berjarak sekitar 4 Km dari Kota Pangururan berupa kelompok masyarakat yang mengerjakan tenun tradisional ulos batak.
Menara Pandangan Tele, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Harian Boho berupa menara untuk memandang panorama Danau Toba dari ketinggian pegunungan Tele.
Partukko Naginjang, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata alam di Desa Martahan, Kec Haraian Boho
Janji Martahan, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata berupa tempat pendaratan peterbang layang
Air Terjun Sampuran Efrata Sosor Dolok, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Harian Boho dengan ketinggian 26 m dan lebar 10 m, sekitar 3 km dari Harian Boho.
Mata Air Pohan Pokki, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Sihotang, Kec Harian Boho, sekitar 2 km dari Pelabuhan Sihotang
Pantai Maria Raja, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata berupa pantai bebas di Desa Maria Raja, Kec Nainggolan, dengan pasir putih dan air danau yang jernih untuk pemandian dan rekreasi.
Pantai bebas, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata pantai di desa Sabulan, Kec Sitio-Tio
Pemandian Boru Saroding, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Ransangbosi, Kec Sitio-Tio, sekitar 35 Km dari Pangururan yang dipercaya sebagai pemandian para puteri cantik yang turun dari kahyangan.
Danau Sidihoni, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Ronggurnihuta berupa sebuah danau di tengah Pulau Samosir yang disebut danau di atas danau.


Tempat Wisata Air Panas, Samosir
Air Panas Simbolon, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Palipi berupa kawasan berbatu belerang dimana terdapat mata air panas yang masih alami.
Pemandian Air Panas, Tempat Wisata Samosir Tempat Wisata di Kec Panguruan, sekitar 3 km dari Kota Pangururan

Makam Raja Sidabutar

Makam Raja Sidabutar yang terletak di tomok merupakan makam tertua yang masih utuh. Dimana usia makam tersebut sudah lebih dari 450 tahun. Makam ini keseluruhannya terbuat dari batu, dimana dibagian depannya terdapat ukiran yang memilki kemiripan dengan spin di mesir yaitu patung singa berkepala manusia. Katanya, selain di Tomok, makam seperti itu juga dapat di temui di Toraja, serta beberapa daerah lain di Indonesia. Di kawasan pemakaman itu juga terdapat beberapa makam keturunan dari raja sidabutar yang masih utuh dan terawat.
Sebelum memasuki pemakaman raja Sidabutar, pengunjung pertama sekali diwajibkan mengenakan ulos yang sudah disediakan keturunan raja Sidabutar. Katanya ulos tersebut sebagai symbol untuk menjaga kesopanan semata. Dimana ulos yang digunakan pengunjung pria berbeda dengan ulos yang digunakan oleh pengunjung perempuan. Namun, ulos tersebut hanyalah sebatas simbolik semata, dan tidak memilki keharusan yang dihadapkan pada bala secara mistis. Di belakang makam tersebut juga terdapat patung batu yang menggambarkan perkumpulan masyarakat batak. Dimana dulunya patung tersebut digunakan para leluhur untuk memohon agar diturunkan hujan. (baringin lumban gaol/seputar indonesia)


Silahkan di Like  Fans Page dan Grub di Bawah Ini agar selalu mendapat artikel setiap kami memposting di blog ini:
Olahraga, Pendidikan, Bisnis  (grup)
Olahraga | Pendidikan | Bisnis

Artikel Terkait !!!

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul:

Objek-Objek Wisata di Samosir


Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://simbolonbermanhot.blogspot.com/2013/07/tempat-wisata.html?m=0. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of BLOG BERMAN HS.

Follow

Follow

Forum Karate

                 
Flag Counter


Silahkan masukkan nomor resi POS anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi Tiki anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi JNE anda, kemudian klik search.

macam-macam olahraga

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 5323-01-004929-53-4
An. Bermanhot Simbolon

Translate

macam_macam penyakit

Jumlah Pengunjung

jasa dan bisnis

forum guru

Translite