.

Sejarah Batak Terbaru

Posted by Berman HS Wednesday, July 10, 2013 0 komentar

Batak berada di mana-mana termasuk di luar negeri

16 Juni 2013 pukul 18:22

Pertama saya kuliah di salah satu Universitas Negeri di Medan (Sumatra Utara), saya berpikir hanya saya orang batak yang ada di kampus saya. bertambah hari bertambah tahun saya baru tahu bahwa orang batak itu banyak dikampus saya, bahkan para dosen-dosen disana juga banyak orang batak. kemudian saat saya merantau kenegeri orang saya pikir juga hanya saya orang batak yang berada di sana ternyata orang batak banyak juga di perantauan saya, saya tahu bahwa orang batak banyak disana ketika saya melihat gereja HKBP banyak disana bahkan di sepanjang jalan menuju perantauan saya ternya gereja HKBP banyak juga.

karena semakin penasaran dengan keberadaan suku batak, sehingga saya mencari referensi-referensi melalui media cetak, eloktronik, dan media internet. dari pencarian saya tersebut ternyata gereja HKBP yang dimaksut ada di seluruh pulau di Indonesi, yang artinya dengan adanya gereja HKBP tersebut berarti orang btak juga banya disana. dan yang baru saya temukan dari media tersebut ternyata gereja HKBP juga berdiri di luar negeri yaitu di Singapura (1 gereja), Malaysia (2 gereja), dan AmerikaSerikat (3 gereja). dan yang paling banya di negara Amerika (California, Colorado & New York.). artinya orang batak juga banyak disana.

dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa orang batak atau suku batak itu khususnya Batak Toba sudah tersebar di penjuru dunia. penyebaran ini terjadi mungkin mulai pra sejara (baca sejarah Suku batak) sampai sekarang. tetapi yang  membuat saya masih bingung katanya batak dulu berasal dari Negara Filipina dan sekarang masih ada kemiripan adat istiadat mereka dengan adat istiadat suku batak (ulos, tortor, ukiran, dll) salah satu bangsa Filipina yang mirip dengan bangsa batak adalah bangsa Karen dan batak palawan. di India juga ada mirip dengan adat istiadat bangsa batak salah satunya ialah bangsa ranau, dan bangsa-bangsa lain di bebrapa negara (bangsa tayal, bangsa bontoc, meo sertatrio naga, manipur, mizoram).

di sulawesi juga ada mirip dengan adat istiadat suku batak yaitu pada suku toraja.
artinya apakah benar bangsa batak dulu berasal dari Filipina ? dan tersebar di seluruh Dunia sampai ke sumatra utara pada saat pra sejarah. jika pertannyaanya kenapa di sumatra utara pada umumnya orang batak dan sumatra utara pada umumnya di katakan batak karena Dinasti Guru Tatea Bulan dan Dinasti Op. Isombaon (sattabi oppungi)  dulu yang paling berkembang dengan pesat pada saat pra sejarah (sebelum lahir Nabi Isa Al  Masih). sehingga batak berkembang di sumatra utara.

Oleh : Bermanhot Simbolon, S. Pd.

Silahkan di Like  Fans Page dan Grub di Bawah Ini agar selalu mendapat artikel setiap kami memposting di blog ini:
Olahraga, Pendidikan, Bisnis  (grup)
Olahraga | Pendidikan | Bisnis

Lihat Juga:
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah Batak Terbaru
Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://simbolonbermanhot.blogspot.com/2013/07/sejarah-batak.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of BLOG BERMAN HS.

Follow

Follow

Forum Karate

                 
Flag Counter


Silahkan masukkan nomor resi POS anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi Tiki anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi JNE anda, kemudian klik search.

macam-macam olahraga

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 5323-01-004929-53-4
An. Bermanhot Simbolon

Translate

macam_macam penyakit

Jumlah Pengunjung

jasa dan bisnis

forum guru

Translite