.

TOKO ONLINE

Winner U8008 Skeleton Automatic Mechanical Watch

Winner U8008 Skeleton Automatic Mechanical Watch
Rp 349.000

League : Legas Series Revolt LA M Black Green

League : Legas Series Revolt LA M Black Green
Rp 303.200

Dress Upper Polkadot Korean With Belt (SS D 45)

Dress Upper Polkadot Korean With Belt (SS D 45)
Rp 100.000

Nikon Digital Camera Coolpix L340 Semi SLR - 20MP

Nikon Digital Camera Coolpix L340 Semi SLR - 20MP
Rp 2.160.000

Garmin GPS Nuvi 42LM - Hitam

Garmin GPS Nuvi 42LM - Hitam
Rp 2.955.000

Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch

Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch
Rp 1.249.000

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice

New Snowline Chainsen Pro Extra Large Size Eisen Crampon Micro Spikes Snow Ice
Rp 792.953

Palazzo Tas Gunung tipe 36158

Palazzo Tas Gunung tipe 36158
Rp 229.000

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000

Sponsor

RUMAH ADAT TERBANYAK DALAM SATU KAMPUNG

Posted by Berman HS Tuesday, September 17, 2013 0 komentar



KAMPUNG TERUNIK DI SAMOSIR
KAMPUNG TERUNIK DI SUMATERA UTARA

KECAMATAN RONGGURNIHUTA DESA SITONGGI-TONGGI

Pernahkah anda mendengar huta sitonggi-tonggi ?. Huta sitonggi-tonggi adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara. Ada beberapa huta/desa yang ada di desa sitonggi-tonggi, antara lain: huta godang, huta bale, huta pargareja, huta angganan, huta sigeneng-geneng, dan lain sebagainya. Namun kampung yang paling unik di antara kampung-kampung lainnya adalah huta godang karena di huta ini terdapat banyak rumah adat batak toba sebanyak 14 rumah dalam satu kampung itu. Hampir semua rumah yang ada di huta tersebut  rumah adat batak toba.

Banyaknya rumah dalam satu kampung itu adalah sebanyak 22 rumah berarti ada 8 rumah yang tidak berbentuk rumah adat. Yang kedelapan ini kenapa tidak berbentuk rumah adat di karenakan kedelapan ini adalah rumah yang baru di bangun atau bisa di katakan rumah pada jaman sekarang karena jaman sekarang sudah sulit atau tidak banyak lagi orang sanggup membuat rumah adat seperti dulu. Posisi rumah yang ada di desa tersebut adalah dua baris dan saling berhadap-hadapan. Kampung ini dikelilingi oleh pohon dan bambu. Dan terdapat parit yang tinggi dan tersusun oleh batu yang sudah di susun pada jaman dulu.
Kenapa saya tidak menunjuk semua foto rumah yang ada di kampung tersebut ? yaitu, saya sengaja agar pembaca penasaran dengan informasi ini.

Ada banyak lagi keunikan yang ada di kampung tersebut di antaranya adalah:
1.       Pea ulok
Pea adalah sebuah danau kecil dan ulok artinya ular. Berarti artinya sebuah danau kecil yang panjang sehingga di sebut seperti ular karena panjangnya.
2.       Pea sibbora
Adalah sebuah danau kecil tempat pemandian masyarakat setempat dan dekat dengan perkampungan namun tinggi dan curam dari huta godang. Konon katanya jika ada pencuri di kampung tersebut maka pencuri tersebut akan jatuh ke pea sibbora yang pasti ke esok harinya pasti di temukan warga yang lewat dari pea tersebut.
3.       Hariara na bolon
Hariara na bolon adalah salah satu jenis pohon namun ukurannya sangat besar persis di harbangan huta godang. Harbangan adalah tempat keluar masuknya warga yang ada di kampung tersebut.
4.       Mual ni si raja sisingamangaraja
Yaitu sebuah mata air yang bersih dan lokasinya besar. Konon katanya di lokasi tersebut raja sisingamangaraja sengaja ingin membuat mata air di lokasi tersebut, dengan hanya menancapkan tongkatnya ke tanah sehingga terbentuklah  sebuah mata air yang bisa di manfaatkan oleh warga setempat. Dan ke unikannya adalah jika kemarau yang panjang di desa itu pasti kebingungan mencari air bersih untuk di komsumsi. Namun mual si singamangaraja tidak mau kering biarpun kemarau panjang.
5.       Madduda martolu
Madduda adalah menumpuk dan martolu adalah bertiga. Artinya menumpuk padi dengan tiga orang dalam satu losung. Losung adalah sebuah tumbukan yang terbuat dari batu dan di beri lobang untuk tempat menumpuk padi.
Artinya di dalam huta ini warga masih banyak menggiling padi dengan menumpuk di losuk tidak menggunakan gilingan padi. Jika kita biasa melihat menumpuk padi dengan 2 orang namun di kampung ini bisa menumpuk padi serentak dengan 3 orang yang tentunya agar padi tersebut cepat selesai. Dan saya sendiri tidak tahu bagaimana caranya menumpuk dengan 3 orang.
6.       Dolok na bolon
Dolok adalah sebuah bukit dan bolon adalah besar. Artinya sebuah bukit yang besar. Konon katanya di daerah tersebut jika menjaga padi tidak bisa menyebut nama burung yang pemakan padi tersebut. Dan mereka sampai sekarang masih menerapkannya namun mereka tidak tahu apa alasannya. Dan yang kedua konon katanya di dolok tersebut ada banyak emas kepingan yang di simpan oleh penghuni pertama tinggal di sana yang tentunya sekarang penghuni tersebut sudah menjadi penunggu dolok tersebut. Ada banyak orang untuk mencoba mengambil emas tersebut dengan cara membuat pesta gondang besar namun mereka tidak ada yang berhasil. Itulah ke unikan dolok tersebut, selain dari besar dan curam ada banyak meninggalkan cerita.


Informasi yang saya dapat ini adalah informasi yang saya dengar waktu saya kecil di sana dan tentunya saksi sejarahnya masih hidup sampai sekarang. Sekian dulu artikel saya kali ini, semoga bermanfaat bagi anda dan tunggu artikel-artikel saya selanjutnya.

Silahkan di Like  Fans Page dan Grub di Bawah Ini agar selalu mendapat artikel setiap kami memposting di blog ini:
Olahraga, Pendidikan, Bisnis  (grup)
Toko Buku On Line (Grub)
Toko Buku Online
Olahraga | Pendidikan | Bisnis

Baca Juga :

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul:

RUMAH ADAT TERBANYAK DALAM SATU KAMPUNG


Ditulis oleh Berman HS
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://simbolonbermanhot.blogspot.com/2013/09/rumah-adat-terbanyak-dalam-satu-kampung.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Total Pageviews

Google+ Followers

Ricky Pratama support Eva's Blog - Original design by Bamz | Copyright of Olahraga | Pendidikan | Bisnis.

Follow

Follow

Forum Karate

                 


Silahkan masukkan nomor resi POS anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi Tiki anda, kemudian klik search.



Silahkan masukkan nomor resi JNE anda, kemudian klik search.

macam-macam olahraga

Pembayaran melalui Bank berikut :

Norek : 5323-01-004929-53-4
An. Bermanhot Simbolon

Translate

macam_macam penyakit

Jumlah Pengunjung

jasa dan bisnis

forum guru

Translite